Salah satu fasilitas yang sering saya gunakan untuk pengolahan data spreadsheet dengan Calc adalah VLOOKUP. Fasilitas ini sangat berguna untuk mencari (search) sebuah nilai (value) dari daftar master data. Sebagai contoh: kita memiliki sebuah bank data yang menyimpan ribuan record, lalu ingin mencari sebuah nilai dari bank data tersebut berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu. Coba perhatikan bank data berikut:
Misalkan kita ingin mengetahui nilai dari daftar item berikut di bulan Maret:
Maka formulanya sebagai berikut :
=VLOOKUP(A1;Sheet1.A2:D16;4;FALSE())
Dari contoh tersebut, bank data diletakkan di Sheet1 (mulai dari cell A1 sampai dengan D16). Tapi karena baris nomer 1 berisi title (judul) kolom, maka pencarian dilakukan mulai dari baris ke-2 (cell A2).
Sheet2 berisi daftar item yang hendak dicari. Formula dituliskan di sebelah cell yang hendak dicari nilainya.
Jika ada hasil yang menampilkan #N/A itu berarti kode tersebut tidak terdapat di dalam bank data. Penggunaan VLOOKUP dalam aktivitas harian bisa diterapkan dalam bermacam kasus. Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar